Tips Berpuasa Sehat Bagi Ibu Hamil

Hukum Wanita Hamil Berpuasa


Berpuasa di bulan Ramadan wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim, tetapi ada keringanan bagi ibu hamil untuk tidak berpuasa dengan mengganti di bulan lain atau membayar fidyah ibu hamil.


Namun yang dipertanyakan adalah apakah aman bila ibu hamil berpuasa?

Amankah Berpuasa Saat Hamil?


Jika ibu hamil merasa sanggup untuk berpuasa, maka lakukanlah. Hal yang perlu diperhatikan adalah risiko dehidrasi.

Para ibu yang ingin berpuasa harus memperhatikan jumlah cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Saat berpuasa, usahakan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8-12 gelas per hari (saat sahur dan berbuka).


Puasa Saat Hamil 3 Bulan & 7 Bulan


Dilansir dari CNN Indonesia, para ibu hamil disarankan untuk tidak berpuasa saat 3 bulan pertama (trimester pertama) dan memasuki bulan ke tujuh (trimester ketiga).

Karena pada trimester pertama, janin masih dalam proses pembentukan organ tubuh sehingga janin membutuhkan nutrisi yang seimbang.

Umumnya di trimester pertama, para ibu hamil akan mengalami keluhan seperti mual, muntah, pusing, dan lemas.

Para ibu hamil boleh berpuasa di trimester ketiga bila tekanan darah normal, tidak anemia, tidak memiliki diabetes, dan kondisi janin baik.


Tips Puasa Saat Hamil


Berikut adalah beberapa tips puasa bagi para Moms yang sedang hamil agar kesehatan tetap terjaga :

1. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan berpuasa, agar Moms tidak merasa khawatir selama menjalankan ibadah puasa.

2. Hindari Kafein dan Minuman Manis

Sebaiknya Moms tidak mengonsumsi kopi, teh, maupun soft drinks karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga tidak dianjurkan selama masa kehamilan.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan atur pola makan dengan daging sapi, ayam, ikan, dan telur. Jangan lupa untuk menambahkan buah dan sayur saat sahur dan berbuka untuk melengkapi nutrisi saat berpuasa.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Usahakan untuk minum air putih sebanyak 8-12 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi.

5. Konsumsi Snack Sehat Sebelum Tidur

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi snack sehat sebelum tidur atau setelah salat Tarawih untuk penuhi nutrisi si kecil di dalam kandungan.

Bio Strath untuk Ibu Hamil yang Berpuasa


Demi menjaga tubuh yang bugar selama menjalankan ibadah puasa, ibu hamil perlu mengatur pola makan yang lengkap dan seimbang dengan menambahkan suplemen makanan saat sahur dan berbuka.

Bio Strath dengan kandungan 61 nutrisi, mineral, vitamin, dan zat pembangun bisa menjadi salah satu pilihan suplemen makanan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama masa kehamilan.  

Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar selama masa kehamilan saat puasa. Tapi, jangan lupa konsultasikan dengan dokter yaa Moms karena setiap orang memiliki kondisi berbeda.

Demikianlah tips puasa saat hamil agar kesehatan moms dan si kecil terjaga. Puasa saat hamil diperbolehkan jika kondisi tubuh memungkinkan ya moms, jangan sampai membahayakan kesehatan si kecil.

0 Response to "Tips Berpuasa Sehat Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel