Penyebab Anak Susah Makan

Pentingnya Mengetahui Penyebab Anak Susah Makan


Hello moms, gimana kabarnya nih? Semoga mommies dan keluarga sehat yah. Nah, kali ini Bio Strath akan membahas mengenai beberapa penyebab anak susah makan. Pastinya mommies juga banyak mengalami yang anaknya hanya mau makan makanan yang mereka suka, junk food, dan menolak diberikan sayuran hijau yang penting untuk tubuh mereka.


Jika Anda tidak mempelajari penyebab si kecil susah makan, mereka akan kekurangan asupan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa perkembangan mereka, apalagi di masa golden age! Yuk moms, kita pelajari sama-sama kenapa sih si kecil susah makan?

Penyebab Anak Susah Makan yang Paling Umum


1. Banyak camilan di rumah 

Memang tidak ada salahnya memiliki banyak camilan di rumah, tapi kalau si kecil diijinkan untuk makan camilan tanpa dibatasi, mereka tidak akan pernah merasa benar-benar lapar! Apalagi jaman sekarang beli cemilan online sangat mudah, via ojek online saja bisa diantar ke rumah. Oleh karena itu, batasilah camilan anak di rumah dan ubahlah pilihan camilan di rumah jadi camilan yang lebih bernutrisi.

Jenis dan pola makan yang salah, bisa menjadi penyebab anak cepat bosan dan susah makan. Dilansir dari Jillcastle.com, terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti snack, manisan, susu, coklat dan berbagai macam makanan lembut lainnya, menjadikan anak tidak pernah benar-benar lapar, sehingga mereka akan menolak makan ketika diberikan makanan padat/makanan utama.

2. Sistem Pencernaan Anak Kurang baik

Masalah/gangguan pencernaan seperti sembelit dan asam lambung bisa jadi penyebab utama Anak anda yang susah makan. Pasti mommies sendiri juga gak mood makan kalau perut terasa begah dan penuh kan? Selain itu, kekurangan enzym juga bisa berdampak buruk pada pencernaan karena nutrisi yang diperoleh dari makanan pun tidak dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna.


3. Variasi dan Cara Penyajian Makanan

Tantangan yang terbesar untuk kalian para mommies adalah untuk berkreasi agar makanan bernutrisi ini terlihat menarik dan menggugah selera makan si kecil! Siapa tahu ternyata penyebab susah makan itu karena penyajian mommies yang kurang menarik dan tidak variatif.

4. Sakit gigi

Mommies juga dulu pasti pernah ngalamin yang namanya sakit gigi, saat gigi tetap mulai tumbuh atau memang ada gigi yang berlubang. Pastinya memang nafsu makan hilang karena rasa nyeri yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, bawahlah si kecil secara rutin ke dokter gigi keluarga Anda yah moms!

5. Hindari Gangguan dan Ciptakan Suasana Menyenangkan Saat Makan

Buatlah suasana makan bersama keluarga sebagai momen yang paling mengasyikkan dan ditunggu-tunggu setiap harinya. Berbeda dengan orang dewasa, Anak kecil tidak bisa duduk diam saja dan perhatiannya juga sangat mudah dialihkan. Jika Anda memiliki kebiasaan menonton TV saat makan, ini bisa menjadi contoh gangguan si kecil saat makan yang menyebabkan susah makan si kecil loh!

Nah itu dia moms, lima penyebab anak susah makan yang harus mommies cermati karena kebutuhan nutrisi Anak itu harus dipenuhi sejak usia dini agar mereka dapat tumbuh dengan sempurna menjadi anak yang berprestasi. Sudahkah mommies memberikan yang terbaik untuk yang terkasih?

0 Response to "Penyebab Anak Susah Makan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel