Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 8 Jenis Vitamin dan Mineral Ini

Memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit itu penting lho Moms!


Daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari bakteri dan virus.

Namun, kebiasaan dan gaya hidup yang buruk ditambah dengan padatnya aktivitas justru dapat menurunkan sistem imun tubuh.

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap harinya untuk menjalankan aktivitas Moms dan keluarga sehari-hari.

Setidaknya dibutuhkan 30 vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri dalam jumlah yang cukup.

Mengatur pola makan yang seimbang tetap menjadi cara terbaik untuk mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Yuk, mulai atur pola makan yang seimbang agar Moms dan keluarga memiliki daya tahan tubuh yang kuat.


8 Vitamin dan Mineral Yang Penting Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Setiap harinya tubuh Moms membutuhkan vitamin dan mineral penting demi terjaganya daya tahan tubuh. Nah, sebenarnya vitamin dan mineral apa saja sih yang dibutuhkan tubuh agar daya tahan tubuh selalu kuat?


1. Vitamin A

Moms mungkin mengetahui bahwa vitamin A baik untuk penglihatan, namun sebenarnya vitamin A juga memiliki manfaat lainnya lho seperti menjaga kulit, pertumbuhan rambut, dan menjaga sistem imun tubuh.

Vitamin A juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Moms dan keluarga.

Wortel, mangga, ubi-ubian, telur, susu, dsb merupakan contoh makanan yang kaya akan vitamin A lho Moms.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 masuk ke dalam kelompok vitamin B yang berfungsi merubah makanan menjadi energi dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, tubuh akan memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu untuk meningkatkan imun tubuh.

Ayam, tuna, salmon, kentang, pisang, dsb merupakan makanan yang kaya akan vitamin B6 lho Moms.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang paling efektif dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga membantu pertumbuhan sekaligus memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

Jeruk, kiwi, paprika, brokoli, bayam, dsb merupakan makanan yang kaya akan vitamin C lho Moms.

4. Vitamin D

Mungkin Moms sudah mengetahui manfaat dari vitamin D, yap!

Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang kita. Namun tahukah Moms, bahwa vitamin D juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh lho!

Mendapatkan nutrisi dari vitamin D tidaklah sulit, karena Moms dapat melakukannya dengan berjemur di bawah matahari.

Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti tuna, sarden, susu kedelai, sereal, keju, dan kuning telur.

5. Vitamin E

Moms mungkin mengetahui bahwa vitamin E baik untuk kulit, namun sebenarnya vitamin E juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin C lho Moms yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam vitamin E mampu membantu tubuh melawan virus dan bakteri.

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kuaci, almond, kacang mede dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga kulit lho Moms.

6. Folat

Folat merupakan salah satu bentuk vitamin B9 yang mudah larut dalam air dan biasa ditambahkan pada makanan karena berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh Moms.

Kacang-kacangan, gandum, dan sayuran berwarna hijau merupakan sumber folat terbaik yang dapat Moms tambahkan sebagai menu makanan sehari-hari.

7. Zat besi

Zat besi pada tubuh memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin B6 yaitu membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Moms juga perlu memeriksa jumlah sel darah merah di dalam tubuh, apabila Moms memiliki jumlah sel darah merah dibawah batas normal maka organ dan jaringan pada tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging ayam, sapi, ikan, sayur bayam, dan brokoli.

8. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menguatkan sistem imun tubuh agar Moms dan keluarga tidak mudah jatuh sakit.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, zinc juga berfungsi untuk menyembuhkan luka-luka dan membantu pertumbuhan sel-sel baru lho Moms.

Cukupi kebutuhan zinc dalam tubuh dengan mengonsumsi daging sapi, kerang, kacang-kacangan, susu, keju, gandum, dll.

Beberapa contoh makanan di atas merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar daya tahan tubuh selalu terjaga.

Kurangnya vitamin dan mineral dapat menurunkan kekebalan tubuh lho Moms.

Apabila dirasa sulit mengatur pola makan yang sehat, lengkapi nutrisi harian Moms dan keluarga dengan mengonsumsi Bio-Strath yang mengandung 61 vitamin, mineral, dan zat pembangun yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

0 Response to "Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 8 Jenis Vitamin dan Mineral Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel