Faktor Penting Dalam Perkembangan Otak Anak

Pentingnya Nutrisi Bagi Perkembangan Otak Anak


Siapa sih yang tidak ingin mempunyai anak yang pintar dan berprestasi? Setiap orang tua pasti bekerja sekeras mungkin untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya.

Bukan hanya sekolah, para orang tua juga memberikan kursus atau les untuk meningkatkan prestasi dan kecerdasan si kecil.


Sayangnya, belajar saja tidak cukup loh moms! Jika anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang optimal sejak ia kecil, pertumbuhan dan perkembangan otaknya akan terhambat dan mereka pun bisa kalah saing!

Oleh karena itu manfaatkanlah masa-masa golden age pada anak agar mereka sukses di masa depan dengan memberikan nutrisi yang cukup.

Nah, ayo simak kriteria-kriteria penting yang mommies perlu perhatikan sejak usia dini!

4 Faktor Penting Bagi Perkembangan Otak Anak


1. Keseimbangan Gula Darah

Ibarat kata, gula itu adalah bahan bakar otak kita loh moms! Namun jika terlalu banyak, seorang anak bisa jadi hiperaktif dan sulit untuk berkonsentrasi. Sebaliknya, jika si kecil kekurangan gula, ia akan lemas dan cepat lelah.

Oleh karena itu, sangatlah penting agar mommies memperhatikan “sugar intake” sang buah hati setiap harinya. Jangan lupa yah moms, makanan berkarbohidrat seperti nasi putih, mie, dan pasta pun akan diproses menjadi gula di dalam tubuh Anak.

Mulai sekarang, perhatikanlah konsumsi gula dan makanan berkarbohidrat lainnya agar perkembangan otak anak optimal.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Tanpa perlu diragukan lagi kalau vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang paling penting dalam menjaga kinerja otak kita.

Oleh karena itu, berikanlah berbagai variasi makanan setiap harinya. Jika Anda hanya memikirkan “4 sehat 5 sempurna” saja, hasilnya pasti tidak akan ideal karena nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh datang dari berbagai macam sumber makananan loh!

Jika perlu, tambahkanlah suplemen untuk melengkapi nutrisi si kecil. Memilih suplemen dan vitamin pun tidak boleh sembarangan, pilihlah suplemen seperti Bio Strath yang memiliki bioavailabilitas tinggi agar manfaat suplemen dapat diserap tubuh dengan baik.

3. Penuhi Kebutuhan Minyak Sehat Mereka

Riset menyatakan bahwa sekitar 60% dari otak kita terdiri dari lemak sehingga kekurangan asupan lemak pun bisa bikin Anak kurang pintar loh moms!

Tentunya Anda tidak boleh memberikan makanan berminyak dengan sembarangan seperti gorengan juga loh moms, berilah makanan yang mengandung lemak sehat seperti telur, susu, alpukat, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

Ohiya, hati-hati kalau anak alergi dengan makanan tertentu yah! Be creative moms, ada banyak sekali sumber lemak sehat untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan otak si kecil!

4. Kenali Alergi atau Intoleransi Makanan

Inilah poin yang paling penting untuk kita moms! Setiap anak memiliki alergi atau intoleransi terhadap jenis makanan tertentu sehingga sangat penting untuk mendeteksinya sejak dini.

Setelah itu, kita jadi bisa memikirkan jenis makanan pengganti yang kandungannya baik untuk mereka. Sebagai contoh, jika seorang anak alergi dengan kacang yang merupakan sumber protein, kita bisa memperoleh protein tersebut dari daging sapi.


10 Nutrisi Terpenting Bagi Perkembangan Otak Anak


Makanan dan nutrisi yang cukup sangatlah krusial di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. Perkembangan otak anak sejak dalam kandungan dan 2 tahun pertama kehidupannya menentukan kecerdasan si kecil hingga saat ia beranjak dewasa.

Inilah alasan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi sejak masa kehamilan, bukan hanya ketika si kecil keluar dari rahim bunda.


Dilansir dari Health.Harvard.edu berikut ini adalah 10 nutrisi dan makanan terpenting bagi perkembangan otak si kecil


  • Protein – Dapat diperoleh dari daging ayam, sapi, udang, ikan, kacang, dan telur.
  • Zinc – Daging kambing dan sapi merupakan contoh makanan yang kaya akan zinc.
  • Kolin – Kuning telur merupakan salah satu sumber kolin terbaik.
  • Zat Besi – Makanan seperti roti, sayuran hijau, kentang, dan kacang-kacangan mengandung zat besi yang tinggi.
  • Asam Folat – Folat merupakan nutrisi terpenting bagi ibu hamil dan dapat ditemukan di brokoli, asparagus, telur, dan jeruk.
  • Iodin – Salah satu makanan tinggi iodin adalah rumput laut.
  • Vitamin A – Terdapat pada wortel, bayam, dan ubi.
  • Vitamin D – Sumber Vitamin D terbaik adalah sinar matahari! Selain itu, makanan seperti keju dan telur juga kaya akan Vitamin D.
  • Vitamin B6 – Makanan seperti kacang kedelai, oatmeal, dan nasi merah.
  • Vitamin B12 – Sumber Vitamin B12 adalah ikan tuna, sardin, dan sapi.
Selain semua makanan di atas, seluruh nutrisi tersebut juga terdapat pada Bio Strath yang mengandung 61 nutrisi, vitamin, zat pembangun, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya lho!

0 Response to "Faktor Penting Dalam Perkembangan Otak Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel